MAKALAH WIRAUSAHA
TENTANG PERTERNAKAN BURUNG MERPATI
perternakan
NAMA: MUH ABRORI
XI IPS 2
NO: 22
Kata Pengatar
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia nikmatNya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan sebaik baiknya. Makalah yang berjudul “ BUDI DAYA MERPATI” Disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran PKWU.
Makalah ini berisi tentang Cara untuk berwirausaha. Dalam penyusunannya melibatkan berbagai belah pihak, baik dari dalam maupun dari luar sekola. Besar harapan saya makalah ini dapat menjadi sarana yang membantu anda dalam berwirausaha.
Saya sadar bahwa kesempurnaan hanyalah milik yang maha sempurna,tetapi usaha maksimal telah saya lakukan dalam penulisan makalah ini.Kritik dan saran akan saya terima dengan tangan terbuka. Saya berharap,semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Serta dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya.
Daftar Isi
Kata Pengantar……………………………………………………………………………………… i
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………….. i
BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………………………………………………..
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………………………………..
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………………………………..
1.3 Tujuan…………………………………………………………………………………….
BAB 2 PEMBAHASAN……………………………………………………………………………
2.1 SISTEM PRODUKSI USAHA…………………………………………………………………………………
2.2 MENGHITUNG TITK IMPAS………………………………………………………………………………..
2.3 STRATEGI PROMOSI USAHA………………………………………………………………………………
BAB 3 PENUTUP…………………………………………………………………………………..
Evaluasi………………………………………………………………………………………
Kesimpulan………………………………………………………………………………..
Saran…………………………………………………………………………………………
Daftar Pustaka……………………………………………………………………………
BAB 1
Pendahuluan
1.1 LATAR BELAKANG
Merpati merupakan salah satu jenis unggas yang telah lama dikenal di Indonesia.Peternak memelihara merpati sebagai hewan peliharaan.Dahulu merpati banyak dimanfaatkan sebagai ternak pengantar surat namun saat ini fungsi merpati lebih beragam.
Merpati balap tipe tinggian dulu diperlombakan hanya pada satu lokasi tertentu dan merpati yang sampai ke kandangnya paling awal adalah pemenangnya.Merpatibalap tinggian juga harus memiliki kualitas mendarat yang cukup baik hal ini disesuaikan dengan ring yang digunakan merpati.
Merpati balap pada dasarnya adalah merpati lokal namun merpati balap sudah mengalami beberapa latihan terbang sehingga mempunyai kualitasterbang yang lebih baik dibandingkan merpati lokal (htpps:repository.ipb.ac.id)
1.2 RUMUSAN MASALAH
1 Bagaimana system peternakan merpati balap?
2 Bagaimana cara menghitung titik impas dari berternak merpati balap?
3 Bagaimana strategi penjulan promosi peternakan merpati balap?
1.3 TUJUAN
Penulisan makalah ini bertujuan dalam menjawab permasalahan yang terjadi dalam memproduksi suatu kegiantan pengolahan .
1.memberikan penjelasan mengenai system beternak merpati balap.
2.memberikan penjelasan mengenai cara menghitung titik impas dari beternak merpati balap.
3.memberikan penjelasan mengenai strategi promosi beternak merpati balap.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1.SISTEM PRODUKSI USAHA SEBAGAI BERIKUT
1.ANEKA PRODUKSI
Merpati merupakan jenis burung yang banyak disukai oleh masyarakat . Karena merpati memeiliki tingkat bkecerdasan yang dapat dimanfaatkan sebagai hiburan sehiingga dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar sehingga merpati banyak di kembangkan menjadi jenis usaha baru yang sangat menjanjikan.
Merpati balap yang masih piyek
Merpati balap yang sudah dapat di jodohin
Merpati balap yang sudah dapat dilatih dan dilombakan
2.MANFAAT MERPATI BALAP
Merpati balap bermanfaat sebagai media hiburan masyarakat apabila merpati balap di ternak secara baik maka akan mengahasilkan keuntungan yang cukup besar.
3.POTENSI
Merpati balap memiliki potensi yang cukup besar sehingga merpati balap sangat banyak digemari oleh masyarakat .Semakin cepat merpati dan memiliki prestasi yang cukup banyak makan harga merpati tersebut akan menjadi lebih mahal.
4.PERENCANAAN PETERNAKAN
Saya memiliki merpati sebanyak 4 ekor kemudian merpati tersebut saya ternakkan dan memiliki keturunan dari keturunan merpati tersebut saya dapat menjual merpati ke para penggemar lainnya .
5..ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN DALAM BUDI DAYA PISANG
Saya memiliki kandang yang khusus untuk beternak dan memiliki tempat makan dan tempat minum bagi merpati saya
6.PROSES BETERNAK
Saya beternak merpati melalui teman saya kemudian saya melakukan sendiri dirumah sejak kelas 6sd saya memperoleh merpati 4 ekor kemudian diternak di dipasang ke indukan yang lebih bagus dan cocok .Kemudian dari hasil perjodohan tersebut dapat menghasilkan merpati yang menurut saya cukup baik.
7.PENGEMASAN MERPATI BALAP
Saya menjual merpati balap kepada para penggemar merpati kemudian ada juga yang membeli merpati yang masih piyek .Latar belakang pembeli membeli merpati balap saya karena merpati saya merupakan merpati balap juara yang memiliki silsilah yang cukup baik.
2.2 Menghitung biaya pokok produksi
BEP Produksi= Total Biaya
H.penjualan
BEP Harga= Total Biaya
Total Produksi
Bahan=
Merpati 4 ekor =Rp1.500.000 -
Kandang =500.000 -
Biaya pakan=350.000 digunakan selama 1 bulan
JUMLAH= Rp.2.350.000
BEP Produksi= Rp. 2.350.000= 5
Rp.500.000
BEP Harga= Rp.2.350.000 = Rp.235.000
10
Total= 240.000
2.3 Strategi promosi produk hasil usaha
1.pengertian promosi
Promosi pada hakikatnya adalah suatu komonikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi ,mempengaruhi ,membujuk dan mengingat pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima ,membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan yang bersangkutan.
Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkain kegiantan pemasaran suatu barang atau makanan tujuan dari promosi penjualan sangat beragam yakni merangsang permintaan,meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba produk.
2.Menentukan strategi
#promosi penjualan secara langsung
Yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yaitu dengan cara saya memberi penawaran merpati saat dilapangan waktu itu saya melakukan promosi kepada calon pembeli
#pejualan secara Distributor
Yaitu menjualnya melalui teman teman yang sudah membeli merpati saya kemudian dijual kembali di daerahnya
3.Melakukan promosi produksi hasil usaha
Saya melakukan promosi melalui teman teman yang sehobi merpati saya tidak lupa juga saya promosikan di media sosial
BAB III
PENUTUP
3.1 Evaluasi
1.Pengertian dan manfaat laporan kegiatan
Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. Laporan kegiatan usaha peternkan merpati balap yang dibuat bermanfaat untuk :
• Membantu wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji hasil dari pihak lain
• Membantu wiarusaha untuk berfikir kritis dan objektif dalam usaha usaha merpati balap
• Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan merpati balap.
2.Menganalisis laporan hasil usaha
Kelebihan dalam membudi daya pisang sangatlah mudah, karena bibitnya mudah untuk di dapat dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Cukup di siram 1 kali di sore hari ,dan cara penjualannya pun tidak terlalu sulit cukup bisa di jual ke pasar dengan harga yg ada di pasaran.
3.2 Kesimpulan
Kesimpulan mengenai bisnis budi daya pisang sangatlah mudah dan berkembang dengan pesat dan benyak dan di setiap puhon memiliki bibit anakan yg banyak. Sehingga membuat panen semakin cepat. Sehingga akan membuat keuntungan yang luamayan.
3.3 Saran
Hasil makalah ini masih banyak sekali terdapat kekurangan-kekurangannya. Jadi saya mohon kepada bapak/ibu guru berkenan untuk memberikan kritikan terhadap makalah prakarya saya ini.
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PERTERNAKAN BURUNG MERPATI
perternakan
NAMA: MUH ABRORI
XI IPS 2
NO: 22
Kata Pengatar
Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala karunia nikmatNya sehingga kami dapat menyusun makalah ini dengan sebaik baiknya. Makalah yang berjudul “ BUDI DAYA MERPATI” Disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata pelajaran PKWU.
Makalah ini berisi tentang Cara untuk berwirausaha. Dalam penyusunannya melibatkan berbagai belah pihak, baik dari dalam maupun dari luar sekola. Besar harapan saya makalah ini dapat menjadi sarana yang membantu anda dalam berwirausaha.
Saya sadar bahwa kesempurnaan hanyalah milik yang maha sempurna,tetapi usaha maksimal telah saya lakukan dalam penulisan makalah ini.Kritik dan saran akan saya terima dengan tangan terbuka. Saya berharap,semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk mengembangkan wawasan dan meningkatkan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Serta dapat memberikan wawasan yang lebih luas dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya.
Daftar Isi
Kata Pengantar……………………………………………………………………………………… i
Daftar Isi……………………………………………………………………………………………….. i
BAB 1 PENDAHULUAN…………………………………………………………………………..
1.1 Latar Belakang………………………………………………………………………………………..
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………………………………..
1.3 Tujuan…………………………………………………………………………………….
BAB 2 PEMBAHASAN……………………………………………………………………………
2.1 SISTEM PRODUKSI USAHA…………………………………………………………………………………
2.2 MENGHITUNG TITK IMPAS………………………………………………………………………………..
2.3 STRATEGI PROMOSI USAHA………………………………………………………………………………
BAB 3 PENUTUP…………………………………………………………………………………..
Evaluasi………………………………………………………………………………………
Kesimpulan………………………………………………………………………………..
Saran…………………………………………………………………………………………
Daftar Pustaka……………………………………………………………………………
BAB 1
Pendahuluan
1.1 LATAR BELAKANG
Merpati merupakan salah satu jenis unggas yang telah lama dikenal di Indonesia.Peternak memelihara merpati sebagai hewan peliharaan.Dahulu merpati banyak dimanfaatkan sebagai ternak pengantar surat namun saat ini fungsi merpati lebih beragam.
Merpati balap tipe tinggian dulu diperlombakan hanya pada satu lokasi tertentu dan merpati yang sampai ke kandangnya paling awal adalah pemenangnya.Merpatibalap tinggian juga harus memiliki kualitas mendarat yang cukup baik hal ini disesuaikan dengan ring yang digunakan merpati.
Merpati balap pada dasarnya adalah merpati lokal namun merpati balap sudah mengalami beberapa latihan terbang sehingga mempunyai kualitasterbang yang lebih baik dibandingkan merpati lokal (htpps:repository.ipb.ac.id)
1.2 RUMUSAN MASALAH
1 Bagaimana system peternakan merpati balap?
2 Bagaimana cara menghitung titik impas dari berternak merpati balap?
3 Bagaimana strategi penjulan promosi peternakan merpati balap?
1.3 TUJUAN
Penulisan makalah ini bertujuan dalam menjawab permasalahan yang terjadi dalam memproduksi suatu kegiantan pengolahan .
1.memberikan penjelasan mengenai system beternak merpati balap.
2.memberikan penjelasan mengenai cara menghitung titik impas dari beternak merpati balap.
3.memberikan penjelasan mengenai strategi promosi beternak merpati balap.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1.SISTEM PRODUKSI USAHA SEBAGAI BERIKUT
1.ANEKA PRODUKSI
Merpati merupakan jenis burung yang banyak disukai oleh masyarakat . Karena merpati memeiliki tingkat bkecerdasan yang dapat dimanfaatkan sebagai hiburan sehiingga dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar sehingga merpati banyak di kembangkan menjadi jenis usaha baru yang sangat menjanjikan.
Merpati balap yang masih piyek
Merpati balap yang sudah dapat di jodohin
Merpati balap yang sudah dapat dilatih dan dilombakan
2.MANFAAT MERPATI BALAP
Merpati balap bermanfaat sebagai media hiburan masyarakat apabila merpati balap di ternak secara baik maka akan mengahasilkan keuntungan yang cukup besar.
3.POTENSI
Merpati balap memiliki potensi yang cukup besar sehingga merpati balap sangat banyak digemari oleh masyarakat .Semakin cepat merpati dan memiliki prestasi yang cukup banyak makan harga merpati tersebut akan menjadi lebih mahal.
4.PERENCANAAN PETERNAKAN
Saya memiliki merpati sebanyak 4 ekor kemudian merpati tersebut saya ternakkan dan memiliki keturunan dari keturunan merpati tersebut saya dapat menjual merpati ke para penggemar lainnya .
5..ALAT DAN BAHAN YANG DIBUTUHKAN DALAM BUDI DAYA PISANG
Saya memiliki kandang yang khusus untuk beternak dan memiliki tempat makan dan tempat minum bagi merpati saya
6.PROSES BETERNAK
Saya beternak merpati melalui teman saya kemudian saya melakukan sendiri dirumah sejak kelas 6sd saya memperoleh merpati 4 ekor kemudian diternak di dipasang ke indukan yang lebih bagus dan cocok .Kemudian dari hasil perjodohan tersebut dapat menghasilkan merpati yang menurut saya cukup baik.
7.PENGEMASAN MERPATI BALAP
Saya menjual merpati balap kepada para penggemar merpati kemudian ada juga yang membeli merpati yang masih piyek .Latar belakang pembeli membeli merpati balap saya karena merpati saya merupakan merpati balap juara yang memiliki silsilah yang cukup baik.
2.2 Menghitung biaya pokok produksi
BEP Produksi= Total Biaya
H.penjualan
BEP Harga= Total Biaya
Total Produksi
Bahan=
Merpati 4 ekor =Rp1.500.000 -
Kandang =500.000 -
Biaya pakan=350.000 digunakan selama 1 bulan
JUMLAH= Rp.2.350.000
BEP Produksi= Rp. 2.350.000= 5
Rp.500.000
BEP Harga= Rp.2.350.000 = Rp.235.000
10
Total= 240.000
2.3 Strategi promosi produk hasil usaha
1.pengertian promosi
Promosi pada hakikatnya adalah suatu komonikasi pemasaran artinya aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi ,mempengaruhi ,membujuk dan mengingat pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima ,membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan yang bersangkutan.
Promosi merupakan salah satu bagian dari rangkain kegiantan pemasaran suatu barang atau makanan tujuan dari promosi penjualan sangat beragam yakni merangsang permintaan,meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba produk.
2.Menentukan strategi
#promosi penjualan secara langsung
Yaitu bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yaitu dengan cara saya memberi penawaran merpati saat dilapangan waktu itu saya melakukan promosi kepada calon pembeli
#pejualan secara Distributor
Yaitu menjualnya melalui teman teman yang sudah membeli merpati saya kemudian dijual kembali di daerahnya
3.Melakukan promosi produksi hasil usaha
Saya melakukan promosi melalui teman teman yang sehobi merpati saya tidak lupa juga saya promosikan di media sosial
BAB III
PENUTUP
3.1 Evaluasi
1.Pengertian dan manfaat laporan kegiatan
Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi. Laporan kegiatan usaha peternkan merpati balap yang dibuat bermanfaat untuk :
• Membantu wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji hasil dari pihak lain
• Membantu wiarusaha untuk berfikir kritis dan objektif dalam usaha usaha merpati balap
• Sebagai alat komunikasi dalam memaparkan merpati balap.
2.Menganalisis laporan hasil usaha
Kelebihan dalam membudi daya pisang sangatlah mudah, karena bibitnya mudah untuk di dapat dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Cukup di siram 1 kali di sore hari ,dan cara penjualannya pun tidak terlalu sulit cukup bisa di jual ke pasar dengan harga yg ada di pasaran.
3.2 Kesimpulan
Kesimpulan mengenai bisnis budi daya pisang sangatlah mudah dan berkembang dengan pesat dan benyak dan di setiap puhon memiliki bibit anakan yg banyak. Sehingga membuat panen semakin cepat. Sehingga akan membuat keuntungan yang luamayan.
3.3 Saran
Hasil makalah ini masih banyak sekali terdapat kekurangan-kekurangannya. Jadi saya mohon kepada bapak/ibu guru berkenan untuk memberikan kritikan terhadap makalah prakarya saya ini.
DAFTAR PUSTAKA
Mintarjo,sri.2017.prakarya dan kewirausahaan.Jakarta:Pusat Kurikulum dan Perbukuan,Balitbang,Kemendikbud.
htpps:repository.ipb.ac.id

Oke bisa mantap🤟
ReplyDeleteManteeppp👍
ReplyDelete